Langkah-langkah Memandikan Bayi Menggunakan Spons

Bayi yang baru lahir memang tidak disarankan untuk dimandikan terlalu sering. Seiring bertambahnya usia mulai dimandikan bisa 2 kali sehari. Membersihkan tubuh menggunakan spons bisa anda lakukan saat memandikan buah hati anda.

Namun sebelum memandikan bayi anda perlu mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu, baik ember, handuk, washlap, kapas, shampo, dan lainnya. Persiapkan pula sabun bayi anti iritasi untuk memandikan tubuh bayi anda.
Berikut langkah memandikan bayi menggunakan spons yang bisa dilakukan:

Membersihkan area mata terlebih dahulu
Saat memandikan bayi, usahakan bagian mata terlebih dahulu yang dibersihkan. Anda bisa menggunakan spons tersebut dengan cara membasahinya dengan air hangat terlebih dahulu. Lalukan usapkan dari bagian mata dalam menuju keluar, jangan sampai anda menyentuh bagian dalam mata bayi anda.

Mencuci bagian hidung
Lalu lanjut untuk membersihkan bagian hidung bayi. Hati – hati saat membersihkan bagian dalam hidung bayi anda, harus pelan dan tidak memaksakan, karena bisa- bisa hidung bayi anda akan iritasi. Usap bagian luar hidung dengan menggunakan spons yang telah dibasahi air hangat tersebut.

Lanjut ke seluruh wajah bayi
Anda bisa mengusap daerah mulut terlebih dahulu, dilanjutkan seluruh wajahnya. Usah dengan lembut dan perlahan. Jangan lupa pada daerah telinga, dagu, leher, dan jidat juga harus dibersihkan. Lalu tepuk – tepuk ringan kulit wajah bayi hingga air yang berada di wajah kering.

Memberi shampo untuk rambut
Jika bayi anda sudah mempunyai rambut, anda juga harus membersihkan rambut bayi. Bisa menggunakan shampo khusus bayi. Tuangkan shampo sedikit ke spons lalu oleskan ke bagian rambut bayi, sembari dipijat-pijat ringan. Bilas sampai tidak ada busa yang tersisa.

Menyiram seluruh tubuh
Yang terakhir yaitu menyiram seluruh tubuh bayi. Anda bisa menggunakan sabun Sleek Baby yang merupakan sabun bayi terbaik. Sabun tersebut juga bisa digunakan untuk shampo sekaligus. Tuangkan sabun tersebut ke spons lalu oleskan ke seluruh tubuh bayi yang sudah dibasahi. Bersihkan sampai sudut-sudut yang tak terlihat, baik ketiak, pantat, dan lainnya. Lalu bilas hingga bersih dan segera keringkan tubuh bayi agar tidak kedinginan.

Setelah mandi, tubuh bayi bisa dioleskan diaper cream bayi guna menjaga kelembaban tubuhnya.

Loading...