Sering Makan Kacang, Bisa Picu Asam Urat?

Kacang merupakan salah satu camilan favorit. Namun, benarkah sering makan kacang bisa picu asam urat?

Loading...

Banyak penderita penyakit asam urat memilih untuk menghindari kacang karena dianggap bisa picu kekambuhan penyakit tersebut. Secara medis, apakah kekhawatiran itu bisa dibuktikan?

Perlu diketahui, makanan sebetulnya bukanlah faktor utama penyebab asam urat. Hal ini dituturkan oleh dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, dari KlikDokter. Beberapa faktor risiko yang juga ikut berkontribusi meningkatkan kadar asam urat antara lain:

  • Genetik. Sebagian besar kasus asam urat tinggi dipengaruhi oleh genetik, yakni ketika tubuh seseorang cenderung menghasilkan lebih banyak asam urat dan membuang asam urat dalam jumlah lebih sedikit.
  • Jenis kelamin. Laki-laki memiliki risiko 3-4 kali lebih tinggi untuk mengalami asam urat tinggi.
  • Usia. Semakin bertambah usia, risiko asam urat tinggi juga bertambah.

“Nah, tiga hal di atas memang tak bisa dihindari. Namun, Anda masih bisa berupaya untuk melindungi diri dari asam urat lewat kontrol asupan makan. Sebisa mungkin, hindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu asam urat,” terang dr. Resthie.

Apakah kacang boleh dikonsumsi penderita asam urat?
Pada dasarnya, hampir semua jenis makanan mengandung purin. Namun, ada beberapa jenis yang kadar purinnya sangat tinggi, sehingga rentan mengakibatkan artritis gout atau radang sendi karena kadar asam urat yang tinggi. Jenis makanan tersebut meliputi:

  • Minuman beralkohol
  • Jeroan
  • Makanan laut seperti kerang, ikan sarden, udang, dan ikan laut lainnya
  • Daging sapi, kambing, domba, terutama bagian yang banyak mengandung lemak
  • Bacon dan ham

Bagaimana dengan kacang?

“Kacang boleh dikonsumsi karena umumnya tidak mencetuskan terjadinya artritis gout,” jawab dr. Resthie.

Tips menjaga kadar asam urat
Selain membatasi makanan yang tinggi purin, penderita juga disarankan untuk:

  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup, setidaknya 1,5-2 liter per hari. Kata dr. Resthie, ini penting untuk mencegah terbentuknya batu ginjal akibat asam urat yang tinggi.
  • Pada sebagian kasus, pemberian obat diperlukan untuk mengatasi radang sendi dan menurunkan kadar asam urat. Namun, obat harus didapat lewat resep dan pertimbangan dokter.

Kesimpulannya, konsumsi kacang tidak akan picu asam urat atau mencetuskan terjadinya artritis gout. Meski demikian, porsi tetap perlu diperhatikan, karena pada dasarnya apa pun yang berlebihan tentu tidak baik.

Comments are closed.