Alasan Kenapa Ibu Hamil Memerlukan Zat Besi

Kehamilan adalah salah satu hal yang sangat diimpikan oleh setiap kaum perempuan. Pada masa-masa kehamilan, calon ibu wajib merawat dirinya dan janin di dalam kandungan. Salah satu diantaranya adalah dengan mengkonsumsi suplemen seperti yang ada pada situs ini https://www.goapotik.com/produk/folamil-genio. Selain itu, ibu hamil juga wajib memperhatikan kesehatannya dari asupan zat besi sehari-hari. Kurangnya zat besi pada ibu hamil dapat menyebabkan anemia.

Kekurangan zat besi yang mengakibatkan anemia pada ibu hamil dapat mengakibatkan hal yang fatal. Anemia pada wanita hamil bahkan dapat menyebabkan kematian pada saat melahirkan. Hal ini terjadi di beberapa negara-negara berkembang, Anemia bahkan menjadi penyebab utama kematian ibu hamil dalam angka 20% hingga 40% dari kematian tersebut. Menurut data kesehatan, di berbagai daerah, penyakit anemia merupakan faktor pada hampir setiap kematian ibu hamil dan mengalami peningkatan 5 kali risiko.

Melihat dari beberapa data di atas, maka disarankan bagi seluruh ibu hamil untuk mengkonsumsi zat besi. Zat besi bermanfaat untuk pembentukan hemoglobin, protein yang terdapat pada sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika wanita yang sedang hamil tidak mencukupi zat besi dari makanan, secara bertahap tubuh akan mengambil zat besi dari penyimpanan zat besi yang ada di dalam tubuh, sehingga tingkat risiko anemia pada ibu hamil semakin meningkat. Maka dari itu, pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil itu sangat dibutuhkan sekali.

Ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh seorang wanita yang sedang hamil. Salah satu diantaranya adalah daging merah yang merupakan sumber zat besi terbaik untuk ibu hamil. Beberapa dari kita mungkin sudah tahu bahwa hati binatang memiliki kadar konsentrasi zat besi yang tertinggi, akan tetapi pada hati binatang terdapat kandungan vitamin A yang tidak aman bagi ibu hamil. Selain makanan yang termasuk ke dalam protein hewani, Anda pun bisa mendapatkannya dari beberapa makanan lainnya seperti kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian.

Dari kesimpulan diatas, sedikit banyaknya Anda mungkin paham betul tentang peranan zat besi untuk tubuh ketika sedang masa kehamilan. Maka dari itu, cukupi kebutuhan zat besi Anda dengan makanan yang tepat.

Loading...